Jumat, 15 Juli 2011

Motif Batik Bakal Dicetak di Lemari Es LG

JAKARTA – LG Electronics Indonesia secara resmi mulai mempersiapkan koleksi lemari pendingin dan mesin cuci bercorak batik. Secara keseluruhan, LG mempersiapkan 15 unit produk home appliance yang terbagi atas 5 unit lemari es kategori ekstra besar (side-by-side), 5 unit lemari pendingin 2 pintu Big Ref dan 5 unit mesin cuci kategori bukaan depan (front loading).
Produk ini akan melalui proses pembatikan selama satu bulan dan siap diperkenalkan kepada masyarakat umum bulan November mendatang
. “Kebanggaan rakyat Indonesia akan seni batik ini mengilhami kami untuk turut mengabadikannya dengan mengaplikasikan corak ini pada koleksi produk lemari pendingin dan mesin cuci milik LG,” ujar President Director  LG Electronics Indonesia, Kim Weon Dae, dalam keterangannya, Jumat ( 8/10/2010).
Tak ingin main-main dalam penggunaan corak batik pada produk pilihannya, LG menggandeng 15 seniman batik handal dari seluruh penjuru tanah air yang bernaung di bawah Yayasan Batik Indonesia (YBI) pimpinan Yultin Ginandjar Kartasasmita. Mereka merupakan seniman daerah kebanggan Indonesia yang memiliki andil penting dalam melestarikan kesenian batik Indonesia dengan terus melahirkan karya-karya baru. Seniman batik nasional yang akan menorehkan ‘karyanya’ antara lain, Komarudin Kudiya yang memberikan sentuhan motif Garut, Benny Adrianto dengan keahliannya dalam membatik motif Kalimantan dan Onny Karyani yang secara khusus menekuni motif batik asal Tanjung Pinang.
LG bersama Yayasan Batik Indonesia ini sengaja mengajak serta para pengrajin batik dari daerah yang berbeda-beda dari seluruh Indonesia. Pasalnya, dengan adanya perbedaan dari segi asal daerah ini membuat motif yang ditampilkan menjadi beragam. Pada akhirnya, corak yang  membungkus sisi luar jajaran perangkat rumah tangga milik LG terlihat berbeda satu sama lain dan dapat  mewakili keseluruhan motif batik yang ada di Indonesia.
“Inilah yang membuat jajaran lemari pendingin dan mesin cuci ini kian istimewa. Kerjasama antara perusahaan ini dengan para seniman batik Indonesia membuat corak batik tersebut dapat di desain secara eksklusif per produknya. Tak cuma terlihat indah, pengaplikasian corak batik membuat produk Home Appliance ini memiliki nilai seni yang tinggi,” jelas Kim, Weon Dae.
Senada hal itu, Budi Setiawan Sales Director LG Electronics Indonesia mengatakan, penunjukan koleksi produk Home Appliance ini tentunya bukanlah tanpa alasan. Faktor keindahan desain bangun luar yang menjadi kekuatan keluarga LG Home Appliance, menjadi alasan utama perusahaan ini memilihnya menjadi produk yang akan dihiasi dengan corak batik.
“Produk Home Appliance dari LG ini dirancang dengan balutan desain yang menawan dan berkesan mewah. Sedangkan corak batik Indonesia dikagumi karena keindahan motif dan perpaduan warnanya yang cantik. Kedekatan antar keduanya inilah yang membuat kami memilih untuk menggunakan produk Home Appliance sebagai wujud apresiasi kami terhadap seni batik Indonesia,” tutur Budi.
Sumber: okezone
               http://www.indonesiaberprestasi.web.id/?p=2591

Tidak ada komentar:

Posting Komentar